Sekilas Tentang Salesforce
Di era disrupsi digital saat ini landscape seperti marketing, dan sales tentunya semakin berkembang menjadi lebih pesat. Dengan penggunaan Saleforce anda mampu mengoptimisasi aktivitas marketing maupun sales. Selain dilihat dari perubahan pola marketing dan sales secara annual, di Era digital pun memaksa perusahaan melakukan perubahan massif dibidang penjualan.
Pemanfaatan teknologi Customer Relationship Management atau CRM pun semakin banyak digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan customer loyalty. Salah satu software yang banyak digunakan untk mengoptimisasi CRM adalah Salesforce. Oleh karenanya, artikel Kita kali ini akan memperkenalkan Salesforce lebih jauh, baik secara fungsi, serta implementasinya.
Tentang Salesforce
Salesforce adalah perusahaan perangkat lunak yang berasal dari Amerika Serikat tepatnya dari San Francisco, California. Sales force adalah aplikasi atau perangkat lunak berbasis cloud yang menyediakan layanan sistem CRM atau customer relationship management.
Dengan menggunakan Salesforce perusahaan yang menggunakan sistem tersebut memungkinkan untuk melihat customer secara 360 derajat melalui sistem yang terintegrasi dengan berbagai macam layanan seperti Salesforce Sales Cloud, Service Cloud, hingga Marketing Cloud. Semua sistem layanan tersebut dapat diakses secara realtime dengan sistem automasi.
Manfaat Penggunaan Salesforce
Seperti fungsi software pada umumnya yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan, begitupun Salesforce. Salesforce CRM memberikan banyak sekali manfaat serta kegunaan, diantaranya adalah sebagai berikut :
Optimisasi kualitas serta memperbaiki pengelolaan data pelanggan
Salah satu fungsi yang paling umum ditemui dalam sistem CRM adalah melakukan perbaikan terhadap pengelolaan data pelanggan, begitupun dengan Salesforce.
Namun keunggulan Salesforce tak berhenti sampai di situ saja, Salesforce juga mampu diintegrasikan dengan berbagai macam perangkat lunak existing dari user seperti aplikasi ERP, hingga email marketing.
- Meningkatkan layanan serta dukungan pelanggan secara real time
Kemajuan teknologi dan informasi menuntut layanan sebuah perusahaan terhadap customer menjadi lebih real time. Artinya ketersediaan data beserta resource nya pun harus mampu diakses secara cepatdan kapan pun. Salesforce memiliki layanan Service Cloud yang memungkinkan user seperti agent customer service untuk mengakses data customer secara lebih cepat sehingga kebutuhan customer dapat dipenuhi secara tepat sasaran
- Mencari pelanggan baru dan mengelola customer existing
Perangkat lunak CRM saat ini telah memiliki berbagai macam layanan yang mudah untuk digunakan dan dapat dengan mudah diintegrasikan dengan perangkat lunak marketing. Namun anda tak perlu kesulitan untuk melakukan integrasi. Hal ini karena Salesforce memiliki layanan Marketing Cloud yang dapat digunakan oleh marketing di perusahaan anda untuk membuat campaign yang tepat sasaran serta mengelola hubungan dengan pelanggan lama untuk meningkatkan brand loyalty.
Layanan yang disediakan Salesforce
Setelah anda mengetahui beberapa manfaat penggunaan Salesforce, anda tentunya ingin tahu apa saja layanan dari Salesforce, bukan? Berikut ini adalah beberapa layanan yang disediakan oleh Salesforce.
- Sales Cloud
Sales cloud adalah Salesforce platform yang memungkinkan anda untuk mengelola penjualan dengan dukungan data pelanggan yang saling terintegrasi.
Layanan ini dalam platform CRM Salesforce mendukung berbagai macam jenis bisnis yang anda jalankan. Mulai dari B2B (Business to Business) maupun B2C (Business to Customer).
Layanan ini dalam Salesforce juga mampu memberikan perkiraan atau forecast untuk keperluan perhitungan income perusahaan. Hal tersebut tentunya bermanfaat bagi para sales leader untuk meningkatkan produktivitas perusahaan serta meningkatkan kinerja tim sales.
- Service Cloud
Layanan atau service berikutnya yang disediakan oleh Salesforce adalah Service Cloud.
Layanan dalam Service Cloud memungkinkan perusahaan untuk manajemen hubungan pelanggan seperti pengelolaan data pelanggan, dan memberikan layanan serta dukungan terhadap pelanggan perusahaan anda.
Tujaun dari penggunaan Service Cloud adalah meningkatkan pengalaman pelanggan sehingga perusahaan mampu meningkatkan customer retention rates.
Service Cloud biasanya digunakan untuk divisi call center atau customer service secara umum.
Keunggulan dari layanan ini adalah perusahaaan mampu mengaktifkan layanan customer service dalam bentuk omni channel. Artinya perusahaan mampu melakukan layanan customer service bukan hanya secara offline (by phone) namun dapat digunakan pula untuk melakukan layanan secara online yakni melalui social media maupun online chat. Hal ini membuat layanan yang diberikan oleh perusahaan menjadi lebih real time dengan tetap mengedepankan dukungan pelanggan serta akurasi.
- Marketing Cloud
Menjadi platform crm nomor satu di dunia, Salesforce juga mengembangkan Marketing Cloud sebagai salah satu best selling service dengan dukungan sales force automation .
Marketing Cloud dapat anda gunakan mulai dari strategi pemasaran yang dituangkan melalui Journey Builder, Email Studio, Social Studio, Advertising Studio dan lain sebagainya.
Salesforce Marketing Cloud menjadi semakin kuat berkat adanya Einstein AI (Artificial Intelligence) yang tentunya tidak dimiliki oleh perangkat lunak CRM maupun marketing automation lain untuk meningkatkan produktivitas tim marketing secara akurat.
Marketing cloud cocok untuk perusahaan yang basis operasionalnya masih cenderung konvensional dan ingin melakukan aktivasi digital marketing.
Selain itu marketing cloud juga cocok untuk bisnis online yang dapat digunakan untuk segmentasi pasar agar strategi pemasaran lebih tepat sasaran sesuai kebutuhan customer secara lintas platform untuk membangun interaksi pelanggan melalui media sosial maupun email marketing.
Ketiga service atau layanan dari Salesforce tersebut adalah layanan yang cukup banyak diminati saat ini.
Selain ketiga service tersebut, Salesforce juga memiliki layanan lain seperti Community Cloud, Analytics Cloud dengan dukungan Tableu, serta Commerce Cloud yang dapat digunakan untuk bisnis online anda.
- Transportasi
Perusahaan transportasi cenderung menjalankan bisnisnya secara konvensional seperti perusahaan taksi, rental mobil, bus charter, hingga logistik. Perusahaan seperti ini biasanya belum memiliki platform yang digunakan untuk manajemen hubungan pelanggan.
Oleh karenanya mereka membutuhkan transformasi digital secara massif agar perusahaan tak lagi hanya berbasis product centric namun menjadi perusahaan yang lebih customer centric.
Selain itu pengelolaan social media perusahaan pun menjadi tantangan tersendiri karena perusahaan transportasi yang cenderung masih konvenisonal dan menganggap social media bukan menjadi alat publikasi serta menjalin hubungan dengan pelanggan, namun hanya sebatas sebagai ‘digital presence’ saja.
Namun dengan pemanfaatan resource tersebut, perusahaan mampu menjadikan social media sebagai platform untuk menggali lebih jauh seperti sentiment analysis, hingga trend social media untuk membangun layanan sesuai kebutuhan customer.
- Farmasi
Berbeda basis bisnis tentunya berbeda pula strategi marketing yang dijalankan. Perusahaan farmasi saat ini menjadi perusahaan dengan tingkat growth yang cukup tinggi di tengah pandemi Covid-19.
Perusahaan farmasi yang belum memiliki tool yang mendukung visibilitas serta reporting journey serta campaign performance yang dijalankan oleh marketing membuat perusahaaan sulit untuk menentukan campaign mana yang lebih efektif untuk dijalankan.
Oleh karenanya perusahaan farmasi seperti ini perlu menjalankan transformasi digital.
Digital analytics dan automation saat ini menjadi pilihan yang tepat untuk mempercepat proses transformasi digital serta meningkatkan transparansi. Sehingga digital marketing automation dapat meningkatkan produktivitas perusahaan secara signifikan.
Ingin tahu customer use case sesuai industri anda? Silahkan klik di sini.
Kenapa memilih Salesforce melalui Think Tank Team?
Kami adalah perusahaan cloud computing yang menyediakan layanan Software as a Service (SaaS) dan Platform as a Service (PaaS). Value preposition kami adalah mengedepankan kebutuhan customer dengan tag line ‘no intricacy’. Kami merupakan mitra terpercaya dari vendor terkemukan di dunia yakni Salesforce dan Google Cloud Platform.
Berdasarkan pengalaman team kami yang tersertifikasi Salesforce, kami terbiasa menangani berbagai macam use case dengan berbagai macam jenis industri yang ingin mengoptimisasi customer relationship management crm.
Salesforce adalah solusi crm bagi perusahaan anda untuk transformasi digital mulai dari situs web untuk dukungan pelanggan, strategi pemasaran yang di jalankan melalui salesforce marketing cloud, hingga meningkatkan efisiensi tim sales melalui layanan sales cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai macam tools existing yang anda miliki. Semoga berguna!
Ingin tahu produk ini lebih lengkap? Silahkan klik di sini.
So, tunggu apalagi? Dapatkan sekarang juga.
Anda memiliki pertanyaan terkait Salesforce? Hubungi kami via sales@8thinktank.com atau hubungi ahli CRM kami di (+62) 822 1198 1209