Skip to content

Perencanaan Kebutuhan Material (MRP) 

Detail perangkat lunak Perencanaan Kebutuhan Material (MRP) terkemuka untuk UKM.

Perencanaan Kebutuhan Material (MRP) 

Dengan banyaknya pilihan perangkat lunak untuk setiap langkah proses manufaktur – mulai dari perencanaan produksi hingga pengendalian kualitas dan pelacakan inventory – dapat menjadi tantangan untuk mengidentifikasi solusi yang memenuhi kebutuhan setiap produsen. Meskipun banyak sistem ERP yang mencakup beberapa area fungsional ini, hanya sedikit yang benar-benar menawarkan segalanya secara out of the box.

Selain itu, pemilihan sistem yang tepat memiliki implikasi selain memenuhi kebutuhan produsen. Hal ini akan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan dan profitabilitasnya di masa depan. Untuk membentuk perusahaan yang sukses, alat yang tepat memerlukan implementasi yang tepat, dan taruhannya besar karena sumber daya yang dibutuhkan untuk implementasi bisa sangat besar, sehingga memerlukan waktu dan masukan dari karyawan di seluruh organisasi Anda.

Industri perangkat lunak bisnis baru-baru ini beralih ke model perangkat lunak sebagai layanan On-Premise. Tren ini memberikan peningkatan fleksibilitas bagi bisnis dan Penerapan yang lebih kecil dapat menghasilkan pengurangan biaya dan hemat waktu.

Di halaman ini, kami telah membuat tabel SAP Business One yang menyoroti: proposisi hosting, harga, dan ketersediaan fitur-fitur utama di beberapa area, seperti manajemen inventory, kontrol kualitas, pemeliharaan, dan manajemen produksi, dan lain-lain.

SAP Business One

SAP, yang lahir dari sisa-sisa divisi komputasi bisnis Xerox, adalah pemasok perangkat lunak perusahaan terkemuka, yang terutama menjual solusi bawaan untuk perusahaan besar. Pada tahun 2002, SAP pertama kali memasuki segmen pasar UKM dengan membeli apa yang sekarang disebut SAP Business One (SBO). SBO adalah penawaran ERP berbiaya terendah dari SAP, dirancang untuk diterapkan dengan cepat dan dengan penyesuaian minimal. Business One dirancang untuk memenuhi setiap kebutuhan perangkat lunak bisnis dari usaha kecil hingga menengah, mulai dari CRM hingga Manufaktur, yang diterapkan di cloud atau di lokasi. SBO paling cocok untuk manufaktur ringan karena tidak memiliki fitur perencanaan dan kontrol lantai pabrik yang canggih saat diterapkan langsung.

“The best businesses run SAP”

200 Juta +

User

300 +

Apps Terintegrasi

3 -10 Bulan

Implementasi

5,000 +

Karyawan

Features

Inventory Management

General Scope

Multi-Warehouse

Storage Locations

Bin Replenishment

Mobile Device Support

Multi-Company

Multi-Currency

Multi-Language

Automatic ASN (Advanced Shipping Notice)

Package Management / Cartoning

Freight Carrier Integration

Manage Consignee Stocks.     x

EDI (Electronic Data Interchange).     x

Products

Non-Stocked Inventory

Multiple Variants

Multiple Units of Measure

Inter-Classe UoM Conversion

Variant Matrix

Traceability

Lots / Serial Numbers

Up / Down Traceability

360° Traceability

Expiration Dates

Cycle Counting

Reporting

Inventory Forecasts

Inventory Valuations

ABC Analysis

Barcode Support

QR Code Support

RFID Support

Lots / Serial Numbers Support

Receptions

Picking

Internal Moves

Delivery Orders

Inventory Adjustments

Routing

FIFO / LIFO

Customizable Routes.     x

Putaway Strategies

Wave Picking

Batch Picking

Zone Picking

Cluster Picking

Cross-Docking

Putaway Locations

 

Features

Supply Chain

Vendor Data Management

Vendor Pricelist Management

Inbound Quality Control

Dropshipping

Purchase

Purchase Requests

Purchase Orders

Purchase Approval Workflow

Request for Quotations

Contracts / Purchase Agreements

Automated Procurements

Minimum Stock Rules

Make-to-Order

Master Production Schedule

Features

Manufaktur
Master Data

Multi-Level BoM

By-Products / Co-Products

Routings

Subassemblies

One BoM for Multiples Product Variants.     x

BoM Versioning

Multiple BoM / Routing

Planning

Demand Forecasting

MRP Scheduler

Gantt Chart Scheduling

Kanban Planning

Infinite Capacity Scheduling

Finite Capacity Scheduling

Multiple Scheduling Plans

Delivery Date Calculation

Production Order Splitting / Merging

Operations

Manufacturing / Production Orders
 

Job Tracking

Work Orders / Operations

Automated Time Tracking

Disassembly Orders

Subcontracting

Rework / Repair

Scrap

Disposal Strategies

Kits

Edit Individual Production BoMs

Costing

Perpetual Inventory Valuation

Periodic Inventory Valuation

Standard Price

FIFO / LIFO

Production Order Costing

Shop Floor Control

Shop Floor Terminals

Production Activities

Non-Production Activities

Time Tracking

Messages on Work Orders

Barcode Support

Equipment / Machine Management.   x

Work Instructions on Work Orders.   x

Maintenance Requests from Shop Floor Terminal.    x

Human Resources

Schedule Management

Touchscreen Attendance.    x

Timesheets

Breaks

Overtime.     x

Vacation / Injury

Reporting and Forecasting

Overall Equipment Efficiency      x

Work Time

Demand Forecast

Maintenances KPIs.     x

Production Costs Analysis

Analytic Accounting

CSV Export.     x

Dynamic Pivot Tables.     x

Dashboards

Save Custom Reports

Shop Floor Control

Shop Floor Terminals

Production Activities

Non-Production Activities

Time Tracking

Messages on Work Orders

Barcode Support

Equipment / Machine Management

Work Instructions on Work Orders

Maintenance Requests from Shop Floor Terminal

Features

Maintenance
Scheduling and Request Handling

Schedule Preventive Maintenance.   x

Maintenance Kanban.   x

Maintenance Calendar.   x

Shop Floor Integration.   x

Multiple Teams / Sites.   x

Asset Management.   x

Subcontract Repair.   x

Job Tracking

Parts Management

Inventory Management

Purchasing Integration

Rotating Asset Location.   x

Equipment Serial Numbers.   x

Equipment Maintenance History.   x

Dealer Portal.     x

Features

QMS
Quality Control

At Reception

In-Process

Before Delivery

Inventory Quarantine

Quality Checks

Quality Control Plan

Pass/Fail Checks

Measurement Checks

Quality Alerts / Nonconformance Documents

Print Nonconformance Documents

Corrective Actions

ISO9001 Tools

Documentation Management

Customer Satisfaction Surveys X

Customers Complaints Management

Traceability of Operations

Resources Management

Reports

Nonconformance Costs

Features

PLM
 
Engineering Change Orders (ECOs)

BoM Versioning Management

Routing Version Management

MRP Integration

Centralized BoM Management

ECO Management

Approval Workflows

BoM Version Difference Viewer.       x

Bulk BoM Updates.   x

Notification Mechanism

Project eMail Gateway

ECO Costing.       x

Third-Party CAD Integrations

AutoCAD

SolidWorks

Autodesk

Features

Usability, Pricing & Conditions

 

Full Web Interface

Mobile App

App Store / Add-ons

ECO Management

Approval Workflows

BoM Version Difference Viewer.       x

Bulk BoM Updates.   x

Notification Mechanism

Project eMail Gateway

ECO Costing.       x

Third-Party CAD Integrations

AutoCAD

SolidWorks

Autodesk

User Interface

Saat mengevaluasi perangkat lunak perusahaan, user interface merupakan faktor penting yang sering diabaikan namun memiliki arti penting. Hal ini berdampak langsung pada efisiensi pengguna dalam sistem dan kemudahan implementasi, dan bahkan akan berkontribusi pada pengurangan biaya yang terkait dengan kesalahan pengguna.

Solusi yang berhasil harus mempertimbangkan kebutuhan dan tujuan pengguna untuk membantu mereka secara efektif. UI sangat penting dalam memahami faktor manusia dan memungkinkan perangkat lunak memenuhi tujuannya. Dari sudut pandang manufaktur, User interface menjadi lebih penting, terutama dalam sistem kontrol lantai pabrik. Pekerja di lingkungan manufaktur sering kali beroperasi di lingkungan yang bising, bekerja dengan cepat, mengenakan alat pelindung diri (APD), atau mungkin tidak memiliki kondisi optimal untuk menggunakan interface komputer tradisional dengan keyboard dan mouse. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan persyaratan desain spesifik ruang bengkel atau jalur produksi ketika mengevaluasi kegunaan interface dalam lingkungan tersebut.

Untuk lebih memahami elemen visual perangkat lunak dan opsi antarmuka, kami telah menyertakan tangkapan layar menu analog dari masing-masing perangkat lunak dalam perbandingan ini. Meskipun menilai kegunaan perangkat lunak hanya berdasarkan gambar statis memiliki keterbatasan, hal ini masih dapat memberikan dasar kasar untuk perbandingan. Informasi tambahan ini akan membantu Anda dalam analisis dan memberikan wawasan berharga mengenai pengalaman pengguna setiap solusi perangkat lunak.