Perencanaan Kebutuhan Material (MRP)
Detail perangkat lunak Perencanaan Kebutuhan Material (MRP) terkemuka untuk UKM.
Dengan banyaknya pilihan perangkat lunak untuk setiap langkah proses manufaktur – mulai dari perencanaan produksi hingga pengendalian kualitas dan pelacakan inventory – dapat menjadi tantangan untuk mengidentifikasi solusi yang memenuhi kebutuhan setiap produsen. Meskipun banyak sistem ERP yang mencakup beberapa area fungsional ini, hanya sedikit yang benar-benar menawarkan segalanya secara out of the box.
Selain itu, pemilihan sistem yang tepat memiliki implikasi selain memenuhi kebutuhan produsen. Hal ini akan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan dan profitabilitasnya di masa depan. Untuk membentuk perusahaan yang sukses, alat yang tepat memerlukan implementasi yang tepat, dan taruhannya besar karena sumber daya yang dibutuhkan untuk implementasi bisa sangat besar, sehingga memerlukan waktu dan masukan dari karyawan di seluruh organisasi Anda.
Industri perangkat lunak bisnis baru-baru ini beralih ke model perangkat lunak sebagai layanan On-Premise. Tren ini memberikan peningkatan fleksibilitas bagi bisnis dan Penerapan yang lebih kecil dapat menghasilkan pengurangan biaya dan hemat waktu.
Di halaman ini, kami telah membuat tabel SAP Business One yang menyoroti: proposisi hosting, harga, dan ketersediaan fitur-fitur utama di beberapa area, seperti manajemen inventory, kontrol kualitas, pemeliharaan, dan manajemen produksi, dan lain-lain.
SAP Business One
SAP, yang lahir dari sisa-sisa divisi komputasi bisnis Xerox, adalah pemasok perangkat lunak perusahaan terkemuka, yang terutama menjual solusi bawaan untuk perusahaan besar. Pada tahun 2002, SAP pertama kali memasuki segmen pasar UKM dengan membeli apa yang sekarang disebut SAP Business One (SBO). SBO adalah penawaran ERP berbiaya terendah dari SAP, dirancang untuk diterapkan dengan cepat dan dengan penyesuaian minimal. Business One dirancang untuk memenuhi setiap kebutuhan perangkat lunak bisnis dari usaha kecil hingga menengah, mulai dari CRM hingga Manufaktur, yang diterapkan di cloud atau di lokasi. SBO paling cocok untuk manufaktur ringan karena tidak memiliki fitur perencanaan dan kontrol lantai pabrik yang canggih saat diterapkan langsung.
“The best businesses run SAP”
Features
Inventory Management
General Scope
Multi-Warehouse
Storage Locations
Bin Replenishment
Mobile Device Support
Multi-Company
Multi-Currency
Multi-Language
Automatic ASN (Advanced Shipping Notice)
Package Management / Cartoning
Freight Carrier Integration
Manage Consignee Stocks. x
EDI (Electronic Data Interchange). x
Products
Non-Stocked Inventory
Multiple Variants
Multiple Units of Measure
Inter-Classe UoM Conversion
Variant Matrix
Traceability
Lots / Serial Numbers
Up / Down Traceability
360° Traceability
Expiration Dates
Cycle Counting
Reporting
Inventory Forecasts
Inventory Valuations
ABC Analysis
Barcode Support
QR Code Support
RFID Support
Lots / Serial Numbers Support
Receptions
Picking
Internal Moves
Delivery Orders
Inventory Adjustments
Routing
FIFO / LIFO
Customizable Routes. x
Putaway Strategies
Wave Picking
Batch Picking
Zone Picking
Cluster Picking
Cross-Docking
Putaway Locations
Features
Supply Chain
Vendor Data Management
Vendor Pricelist Management
Inbound Quality Control
Dropshipping
Purchase
Purchase Requests
Purchase Orders
Purchase Approval Workflow
Request for Quotations
Contracts / Purchase Agreements
Automated Procurements
Minimum Stock Rules
Make-to-Order
Master Production Schedule
Features
Manufacturing
Master Data
Multi-Level BoM
By-Products / Co-Products
Routings
Subassemblies
One BoM for Multiples Product Variants. x
BoM Versioning
Multiple BoM / Routing
Planning
Demand Forecasting
MRP Scheduler
Gantt Chart Scheduling
Kanban Planning
Infinite Capacity Scheduling
Finite Capacity Scheduling
Multiple Scheduling Plans
Delivery Date Calculation
Production Order Splitting / Merging
Operations
Manufacturing / Production Orders
Job Tracking
Work Orders / Operations
Automated Time Tracking
Disassembly Orders
Subcontracting
Rework / Repair
Scrap
Disposal Strategies
Kits
Edit Individual Production BoMs
Costing
Perpetual Inventory Valuation
Periodic Inventory Valuation
Standard Price
FIFO / LIFO
Production Order Costing
Shop Floor Control
Shop Floor Terminals
Production Activities
Non-Production Activities
Time Tracking
Messages on Work Orders
Barcode Support
Equipment / Machine Management. x
Work Instructions on Work Orders. x
Maintenance Requests from Shop Floor Terminal. x
Human Resources
Schedule Management
Touchscreen Attendance. x
Timesheets
Breaks
Overtime. x
Vacation / Injury
Reporting and Forecasting
Work Time
Demand Forecast
Maintenances KPIs. x
Production Costs Analysis
Analytic Accounting
CSV Export. x
Dynamic Pivot Tables. x
Dashboards
Save Custom Reports
Shop Floor Control
Shop Floor Terminals
Production Activities
Non-Production Activities
Time Tracking
Messages on Work Orders
Barcode Support
Equipment / Machine Management
Work Instructions on Work Orders
Maintenance Requests from Shop Floor Terminal
Features
Maintenance
Scheduling and Request Handling
Schedule Preventive Maintenance. x
Maintenance Kanban. x
Maintenance Calendar. x
Shop Floor Integration. x
Multiple Teams / Sites. x
Asset Management. x
Subcontract Repair. x
Job Tracking
Parts Management
Inventory Management
Purchasing Integration
Rotating Asset Location. x
Equipment Serial Numbers. x
Equipment Maintenance History. x
Dealer Portal. x
Features
QMS
Quality Control
At Reception
In-Process
Before Delivery
Inventory Quarantine
Quality Checks
Quality Control Plan
Pass/Fail Checks
Measurement Checks
Quality Alerts / Nonconformance Documents
Print Nonconformance Documents
Corrective Actions
ISO9001 Tools
Documentation Management
Customer Satisfaction Surveys X
Customers Complaints Management
Traceability of Operations
Resources Management
Reports
Nonconformance Costs
Features
PLM
Engineering Change Orders (ECOs)
BoM Versioning Management
Routing Version Management
MRP Integration
Centralized BoM Management
ECO Management
Approval Workflows
BoM Version Difference Viewer. x
Bulk BoM Updates. x
Notification Mechanism
Project eMail Gateway
ECO Costing. x
Third-Party CAD Integrations
AutoCAD
SolidWorks
Autodesk
Features
Usability, Pricing & Conditions
Full Web Interface
Mobile App
App Store / Add-ons
ECO Management
Approval Workflows
BoM Version Difference Viewer. x
Bulk BoM Updates. x
Notification Mechanism
Project eMail Gateway
ECO Costing. x
Third-Party CAD Integrations
AutoCAD
SolidWorks
Autodesk
User Interface
Saat mengevaluasi perangkat lunak perusahaan, user interface merupakan faktor penting yang sering diabaikan namun memiliki arti penting. Hal ini berdampak langsung pada efisiensi pengguna dalam sistem dan kemudahan implementasi, dan bahkan akan berkontribusi pada pengurangan biaya yang terkait dengan kesalahan pengguna.
Solusi yang berhasil harus mempertimbangkan kebutuhan dan tujuan pengguna untuk membantu mereka secara efektif. UI sangat penting dalam memahami faktor manusia dan memungkinkan perangkat lunak memenuhi tujuannya. Dari sudut pandang manufaktur, User interface menjadi lebih penting, terutama dalam sistem kontrol lantai pabrik. Pekerja di lingkungan manufaktur sering kali beroperasi di lingkungan yang bising, bekerja dengan cepat, mengenakan alat pelindung diri (APD), atau mungkin tidak memiliki kondisi optimal untuk menggunakan interface komputer tradisional dengan keyboard dan mouse. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan persyaratan desain spesifik ruang bengkel atau jalur produksi ketika mengevaluasi kegunaan interface dalam lingkungan tersebut.
Untuk lebih memahami elemen visual perangkat lunak dan opsi antarmuka, kami telah menyertakan tangkapan layar menu analog dari masing-masing perangkat lunak dalam perbandingan ini. Meskipun menilai kegunaan perangkat lunak hanya berdasarkan gambar statis memiliki keterbatasan, hal ini masih dapat memberikan dasar kasar untuk perbandingan. Informasi tambahan ini akan membantu Anda dalam analisis dan memberikan wawasan berharga mengenai pengalaman pengguna setiap solusi perangkat lunak.